Hasil Desain : https://drive.google.com/open?id=17d6TCPX-b-l4zjv366BsU-oUOCCJnRTD
-----------------------------------------------------------------------------------------------------
MAKALAH
PENG. ANIMASI & DESAIN GRAFIS
Kelas : 3KA12
Anggota Kelompok :
-
Rezky Audiansyah Putra (18116161)
-
Ripa Saepul Ahyar (18116250)
-
Riyan Darmawan (16116522)
-
Rizky Septian (16116617)
-
Ryan Wijayan (16116729)
-
Sandi Rias Erlangga (16116820)
-
Siti Asti Muzdalifah (18116169)
-
Vishal Kurniawan (17116567)
-
Zahra Fatimah (17116896)
FAKULTAS ILMU KOMPUTER DAN TEKNOLOGI
INFORMASI
JURUSAN SISTEM INFORMASI
UNIVERSITAS GUNADARMA
2018/2019
KATA PENGANTAR
Segala
puji bagi Tuhan Yang Maha Esa yang telah menolong hamba-Nya menyelesaikan
makalah ini dengan penuh kemudahan. Berkat pertolongan-Nya kami mampu
menyelesaikan makalah ini tepat pada waktunya. Makalah ini disusun untuk
memenuhi tugas dalam mata kuliah Pengantar Animasi & Desain Grafis, yang
kami sajikan berdasarkan pengamatan dari berbagai sumber. Makalah ini kami
susun penuh dengan teliti untuk mempersiapkan makalah ini dengan baik. Kami
juga mendapati beberapa rintangan ketika membuat makalah ini, namun dengan
penuh kesabaran dan terutama pertolongan dari Tuhan YME akhirnya makalah ini
dapat terselesaikan.
Semoga
makalah ini dapat memberikan wawasan yang lebih luas kepada pembaca. Walaupun
makalah ini memiliki kelebihan dan kekurangan. Kami mohon untuk saran dan
kritiknya untuk pengembangan makalah yang lebih baik di masa depan.
Terima kasih.
Tim Penyusun
Tim Penyusun
1.PENDAHULUAN
1.1 Latar
Belakang
Desain grafis adalah suatu bentuk komunikasi visual yang menggunakan
gambar untuk menyampaikan informasi atau pesan seefektif mungkin. Dalam desain
grafis, teks juga dianggap gambar karena merupakan hasil abstraksi simbol-simbol
yang bisa dibunyikan. Desain grafis dietrapkan dalam desain komunikasi dan fine
art.
Desain grafis pada awalnya diterapkan
untuk media-media statis, seperti buku, majalah, dan brosus. Sebagai tambahan,
sejalan dengan perkembangan jaman, desain grafis juga diterapkan dalam media
elektronik, yang sering disebut sebagai desain interaktid atau desain
multimedia. Batas dimensi telah berubah seiring perkembangan pemikiran tentang
desain.
Unsur dalam desain grafis sama seperti
unsur dalam disiplin desain lainnya. Unsur-unsur terbsebut (termasuk shape,
bentuk(form), tekstur, garis, ruang,dan warna) membentuk prinsip prinsip dasar
desain visual. Prinsip-prinsip tersebut, seperti keseimbangan(balance),
ritme(rhythm), tekanan(emphasis), proporsi, dan kesatuan(unity), kemudian
membentuk aspek structural komposisi yang lebih luas.
Peralatan yang
digunakan oleh desainer grafis adalah adalah ide, akal, mata, tangan, software,
hardware dan komputer. Konsep atau ide biasanya tidak dianggap sebagai sebuah desain
sebelum direalisasikan atau dinyatakan dalam bentuk visual.
Dalam tugas ini, mahasiswa bertujuan
untuk membuat desain peringatan atau memberitahukan sikap atau etika seseorang
dalam melakukan antre pada kendaraan umum khususnya MRT. Baru-baru ini MRT di
hebohkan oleh para pengguna MRT itu sendiri dengan etika yang tidak seharusnya
seperti, membuang sampah sembarang, menaiki atau menginjak tempat duduk,
antrean yang tidak kondusif, hal itu menyebabkan ketidak nyamanan pengguna
lainnya.
2.PEMBAHASAN
A. PENGERTIAN DESAIN GRAFIS
Desain Grafis berasal dari 2 buah kata yaitu
Desain dan Grafis, kata Desain berarti proses atau perbuatan dengan mengatur
segala sesuatu sebelum bertindak atau merancang.
Sedangkan Grafis adalah titik atau garis yang
berhubungan dengan cetak mencetak. Jadi dengan demikian Desain Grafis adalah
kombinasi kompleks antara kata-kata, gambar, angka, grafik, foto dan ilustrasi
yang membutuhkan pemikiran khusus dari seorang individu yang bias menggabungkan
elemen-elemen ini, sehingga mereka dapat menghasilkan sesuatu yang khusus atau
sangat berguna dalam bidang gambar.
Desain Grafis adalah cabang ilmu dari seni
Desain yang dalam perkembangannya Desain Grafis dibantu oleh komputer dalam
mendesain sebuah object. Orang yang bekerja dalam bidang ini di sebut seorang
Desainer dan seorang Desainer harus memiliki minimal 5 (lima) Dimensi Keilmuan
yaitu :
1. Wawasan Teknologi
2. Wawasan Sains
3. Wawasan Seni
4. Wawasan Sosial Dan Budaya
5. Wawacan Filsafat Dan Etika
Software dalam Desain Grafis
Banyak sekali software-software yang
digunakan dalam dunia Desain Grafis diantaranya adalah : Adobe Photoshop, Corel
Draw, Ilustrator dan lain sebagainya… sehingga seorang Desainer Grafis dapat
memilih software andalannya dalam mengerjakan project Designnya.
B.
PRINSIP DESAIN GRAFIS
Bagi seorang desainer, kepekaan untuk
mempertimbangkan berbagai prinsip desain merupakan harga mati. Bukan apa-apa,
hal itu dilakukan untuk mencapai hasil akhir yang memuaskan. Walau nyatanya,
semua itu kembali tergantung selera desainer, klien, dan khalayak ramai yang
akan menjadi sasaran pesan.
Nah, maka dari itu baiknya kita mengenal
prinsip-prinsip desain dulu. Prinsip desain terdiri atas lima yaitu
keseimbangan (balance), kesatuan (unity), ritme (rhytm), penekanan (emphasis),
dan proporsi.
1. Keseimbangan (balance)
Sesuai namanya keseimbangan di sini berarti
keseluruhan komponen-komponen desain harus tampil seimbang. Tidak berat
sebelah. Desainer harus memadukan keseimbangan antara tulisan, warna, atau pun gambar
sehingga tidak muncul kesan berat sebelah. Ada dua pangkal pokok yang dipakai
dalam menerapkan keseimbangan, yaitu keseimbangan simetris dan asimetris. Di
mana simetris berdasarkan pengukuran dari pusat yang menyebar ke arah sisi dan
kanan. Sedangkan asimetris berarti pengaturan yang berbeda dengan berat benda
yang sama di setiap halaman,
2. Kesatuan (unity)
Kesatuan dalam prinsip desain grafis adalah
kohesi, konsistensi, ketunggalan atau keutuhan, yang merupakan isi pokok dari
komposisi. Dengan prinsip kesatuan dapat membantu semua elemen menjadi sebuah
kepaduan dan menghasilkan tema yang kuat, serta mengakibatkan sebuah hubungan
yang saling mengikat. Karena penting adanya menyuguhkan klien sebuah desain
yang mengandung arti yang kuat sesuai dengan tema yang diminta.
3. Ritme (rhythm)
Ritme adalah pembuatan desain dengan prinsip
yang menyatukan irama. Bisa juga berarti pengulangan atau variasi dari
komponen-komponen desain grafis. Irama dihasilkan oleh unsur-unsur yang berbeda
dengan pola yang berirama dan unsur serupa serta konsistensi. Jenis irama
meliputi regular, mengalir(flowing), dan prosesif atau gradual.
4. Penekanan (emphasis)
Dalam setiap bentuk desain ada hal yang perlu
ditonjolkan lebih dari yang lain. Tujuan utama dari penekanan ini adalah untuk
mewujudkan hal itu sehingga dapat mengarahkan pandangan khalayak sehingga apa
yang mau disampaikan tersalur. Tapi yang perlu diingat adalah tidak semua
elemen harus ditonjolkan karena bila itu terjadi, desain akan berakhir terlalu
ramai dan pensan tidak dapat disampaikan.
5. Proporsi
Proporsi merupakan hubungan perbandingan
antara bagian dengan bagian lain atau bagian dengan elemen keseluruhan. Dapat
diartikan pula sebagai perubuhan ukuran/size tanpa perubahan ukuran panjang,
lebar, atau tinggi, sehingga gambar dengan perubahan proporsi sering terlihat
distorsi.
C.
UNSUR DESAIN GRAFIS
Sebagai desainer grafis, yang pertama kita harus mempunyai
ide dan kemampuan. Seorang desainer grafis pasti ingin mempunyai hasil yang
maximal. Ada beberapa unsur yang harus kita ketahui untuk menjadikan karya kita
menjadi sempurna.
Dibawah
ini terdapat unsur-unsur desain grafis, yaitu :
- Garis.
Garis
adalah satu titik yang berhubungan dengan titik lainnya. Ada beberapa contoh
garis, yaitu Garis lurus : berkesan kaku. Garis lengkung :
berkesan luwes. Garis zigzag : berkesan sebagai garis yang keras. Garis
tidak beraturan : berkesan fleksibel. Garis horizontal : berkesan
pasif. Garis vertikal : berkesan stabil.
Garis
juga merupakan sebuah elemen visual yang bisa dipakai dimana saja. Desainer
grafis menggunakan garis sebagai ilustrasi.
- Bentuk.
Bentuk
memiliki lebar bidang yang berupa bentuk geometris. Seperti : lingkaran,
segitiga, segi empat, dll. Geometris berkesan formal. Kalau non geometris
berkesan non formal.
- Tekstur.
Tekstur
biasanya digunakan untuk kontras atau bisa juga digunakan sebagai corak disuatu
permukaan benda. Seperti di kayu, baju, dll. Kalau dalam desain grafis biasanya
digunakan untuk sesuatu karya yang kita desain.
- Ruang.
Ruang
merupakan jarak antara satu bentuk dengan bentuk yang lain. Atau bisa juga
diartikan sebagai tempat kosong diantara elemen-elemen visual yang ada dalam
desain.
- Ukuran.
Untuk
mengetahui besar atau kecilnya suatu objek.
- Warna.
Menggunakan
warna yang tepat dapat menarik perhatian orang yang melihatnya. Warna memiliki
arti masing-masing. Warna ada 3, yaitu : warna primer, warna sekunder, dan
warna campuran.
D. ALAT – ALAT DESAIN GRAFIS
Bagi
para Desainer Grafis selain membutuhkan skill yang hebat, para
desainer grafis ini pun memerlukan bantuan dari beberapa alat di bawah ini:
- Macbook Pro, laptop atau computer yang cocok dan memang khusus untuk desain. Dan biasanya para desainer profesional akan menggunakan macbook pro.
- Wacom / drawing pad, merupakan mouse pad yang menggunakan pen, untuk menggambar digital. Biasanya ini untuk menggambar ilustrasi digital, dll.
- Sketchbook, bagi para desainer pasti sangat membutuhkan sketchbook ini karena digunakan untuk menuangkan ide yang banyak yang bermunculan ke dalam bentuk sketsa.
- Scanner, ketika para desainer telah mengerjakan satu project dan ada keinginan untuk memposting nya di sosial media, maka membutuhkan scanner untuk dapat dijadikan jpeg dan di upload.
- Alat tulis (pulpen, pensil, penggaris, penghapus, spidol, pensil warna) digunakan untuk draft juga.
- Handphone, digunakan untuk mendokumentasikan hasil karya juga untuk memomentumkan inspirasi yang ditemukan di jalan, dll.
- Color Tester, biasanya ini untuk membuat warna yang berada di laptop dan ketika di print akan tetap sama, karena pada umumnya warna di laptop dengan saat sudah di print jatuhnya akan berbeda.
Demikian yang dapat saya paparkan
mengenai materi yang menjadi pokok bahasan dalam makalah ini, tentunya masih
banyak kekurangan dan kelemahannya, kerena terbatasnya pengetahuan dan
kurangnya rujukan atau referensi yang ada hubungannya dengan judul makalah ini.
Semoga makalah ini berguna bagi penulis pada khususnya juga para pembaca yang
budiman pada umumnya
Menurut saya, Desain Grafis adalah Suatu
bentuk komunikasi visual yang menggunakan gambar untuk menyampaikan informasi
atau pesan se-efektif mungkin. Sedangkan Animasi adalah Sekumpulan gambar yang
bergerak dengan cepat secara terus menerus yang masing-masing dari gambar
tersebut memiliki hubungan satu dengan yang lainnya. Intinya adalah Animasi dan
Desain Grafis memiliki kesatuan yang utuh, karena dengan teknik Desain Grafis,
sebuah Animasi akan terdukung untuk menghasilkan output yang menarik.
- Adobe Photoshop , software ini secara khusus dirancang untuk memanipulasi objek atau gambar dan biasa digunakan oleh para fotografer untuk mengedit hasil foto agar terlihat lebih menarik.
Kelebihan:
1. Dapat membuat tulisan dengan efek
tertentu. Photoshop dapat membuat tulisan menjadi lebih menarik dengan fitur
effect yang terdapat di dalamnya.
2. Membuat tekstur dan material yang
beragam. Tentunya untuk membuat ini diperlukan beberapa langkah hingga
menghasilkan gambar konkrit seperti daun, logam, air, dan lain – lain.
Kekurangan:
Hanya dapat membuat gambar yang statis.
- Adobe Illustrator , Jika ingin membuat sebuah desain vektor (vector) seperti sketsa, tipografi atau bahkan desain ilustrasi yang lebih kompleks untuk kebutuhan video, Adobe Illustrator merupakan pilihan yang tepat untuk mengerjakan itu semua.
Kelebihan:
1. Fitur cukup lengkap.
2. Dapat membuat ilustrasi, logo, dan
gambar vector lainnya.
3. File berformat .ai dapat dibuka di
software Adobe yang lain.
Kekurangan:
1. Sulit untuk mengerjakan layout dengan
Adobe Illustrator.
2. Ada fitur yang tidak user friendly.
3D Studio Max , Digunakan
dalam pembuatan film animasi 3 dimensi maupun finishing object, baik untuk
keperluan film, iklan, arsitektural (interior dan exterior, 3D building
design), dan kegunaan lainnya yang berhubungan dengan pembuatan obyek tiga
dimensi.
Kelebihan:
1. Mampu membuat objek Virtual secara 3
dimensi. dan bentuk dapat diubah sesuai keinginan.
2. Mampu memberikan kesan material
mendekati aslinya seperti material kayu, batuan, dan tanah.
Kekurangan:
Proses Render memakan waktu yang cukup
lama.
Saran yang dapat diberikan terkait
dengan Animasi dan Desain Grafis ialah Untuk Software Animasi dan Desain Grafis
memerlukan spesifikasi PC/Laptop yang mumpuni, terutama pada Processor dan
memorynya. Karena 2 komponen inilah yang menentukan kecepatan dan waktu yang
dibutuhkan dalam proses Render.
DAFTAR
PUSTAKA
Tidak ada komentar:
Posting Komentar